Otobiografi

Anak Kampung yang Belajar dari Dunia

irwanda 1

Pemilik rumah maya ini adalah Irwanda Wisnu Wardhana terlahir pada tahun 1980 di Magelang, Jawa Tengah. Ia kemudian tumbuh besar di sebuah kampung di pinggiran kota Pematangsiantar, Sumatera Utara. Setelah menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah di kota kelahiran Adam Malik tersebut, Irwanda hijrah ke Tangerang, Banten setelah lulus ujian masuk Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) di tahun 1998.

Setelah menyelesaikan program Diploma 3 dan Diploma IV Akuntansi di Perguruan Tinggi Kedinasan tersebut, ia melanjutkan program Master Kebijakan Publik di Hitotsubashi University, Tokyo, Jepang. Sejak tahun 2012, ia menempuh pendidikan program Doktor Ekonomi Politik di University of Texas, Amerika Serikat. Semua pendidikan tingginya didukung oleh beasiswa penuh dari Pemerintah Indonesia juga Pemerintah Amerika Serikat (untuk doktoral).

irwanda 4

Pekerjaan Irwanda adalah sebagai seorang birokrat dan peneliti di Kementerian Keuangan. Pengalamannya di dunia birokrasi diawali dengan posisi sebagai auditor Bea dan Cukai di tahun 2001. Sejak tahun 2007 bergabung dengan Badan Kebijakan Fiskal untuk menangani berbagai isu internasional. Kemudian dipercaya menjadi manajer pada organisasi baru yang menangani kebijakan perubahan iklim. Penugasan internasional yang telah dilaksanakan antara lain persidangan terkait dengan Association of Southeast Asian Nations (ASEAN)World Trade Organization (WTO), Forum G20 dan United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC).

irwanda 5

Sebagai peneliti, tugas utama Irwanda adalah melakukan pengamatan dan penelitian serta memberikan rekomendasi untuk mendukung penyusunan kebijakan publik Indonesia yang lebih baik. Bidang kepakarannya ekonomi politik dan kebijakan publik. Beberapa isu yang dikuasainya yaitu kemitraan pemerintah swasta (KPS), infrastruktur, makroekonomi, pajak karbon, ekonomi hijau, dan ekonomi institusional.

irwanda 3

Selain kesibukan sebagai birokrat, periset dan pe(m)belajar, Irwanda juga aktif dalam berbagai kegiatan organisasi sosial kemasyarakatan. Pernah menjadi Presiden Mahasiswa (Badan Eksekutif Mahasiswa) STAN dan Ketua Forum Mahasiswa Kedinasan Indonesia (FMKI). Aktif menjadi motor penggerak BEM-BEM universitas di Jakarta dan sekitarnya dalam rangkaian kegiatan menyongsong Pemilihan Presiden secara langsung untuk pertama kali di tahun 2004.

Semasa di Tokyo, menjadi pengurus inti Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Jepang yang menangani isu-isu strategis Indonesia dan Jepang. Di Amerika Serikat, kini ia aktif di Indonesian Muslim Society in America (IMSA) sebagai penanggung jawab program ekonomi politik dan penyiar Radio IMSA.

irwanda moderator

Dalam kegiatan pendidikan dan ilmiah, Irwanda juga selalu terlibat. Selama beberapa tahun, ia menjadi trainer dan konsultan untuk berbagai universitas serta institusi publik dan swasta di Indonesia bersama Lembaga Manajemen Terapan TRUSTCO. Menjadi dosen pada mata kuliah Ilmu Ekonomi di STAN. Sebagai pembicara dan moderator di berbagai forum ilmiah. Serta telah menulis sebuah buku, berbagai karya ilmiah dan artikel populer.

Irwanda telah menikah dan mendapat karunia tiga orang putra dan putri. Hobinya adalah berdiskusi, bersilaturahim, menulis, olahraga, dan memasak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: