Mau Golput di April 2014?

Daftar Partai Peserta Pemilu 2014 sesuai nomor urut

Sebentar lagi Pemilu. Mari kita sisihkan waktu mulai sekarang untuk mengevaluasi partai politik serta para caleg di dapil masing-masing. Juga kandidat capres.

Berikut dialog imaginer saya dengan beberapa orang yang berencana tidak menyoblos alias golput:

“Ah, saya khan cuma sumbang satu suara? Gak ada gunanya.” Benar satu suara tidak bisa menyumbang satu kursi dewan atau kursi presiden. Tapi bayangkan kalau setiap orang berpikir demikian, apa yang terjadi? Bayangkan kalau anda yang baik dan jujur tidak memilih perwakilan yang baik dan jujur di dewan dan di istana negara, apa yang terjadi? Bukan 5 tahun efeknya namun puluhan tahun bahkan masa depan Indonesia dipertaruhkan!

“Demokrasi haram dan bid’ah makanya saya golput!” Okay silakan jika berpandangan demikian. Kalau begitu kenapa menggunakan bank, asuransi? Itu bid’ah loh. Terus kenapa sekolah dari SD sampai PT? Itu gak ada di zaman Rasul loh.

“Demokrasi khan dari Barat!” Trus, semua yang dari Barat haram? Rasul saja meniru teknologi Barat (contoh Perang Parit-Khandaq, dll).

“Hukum sudah sepenuhnya dari Al Qur’an, kita haram membuat hukum.” Okay. Namun negara bukan hanya kaum muslimin saja khan? Rasul saja dulu membuat UUD Piagam Madinah. Kenapa tidak pakai Al Qur’an untuk semua agama di Madinah saat itu?

“Ah saya mau golput aja alias tidak mencoblos karena gak ada yang benar tuh parpol, caleg dan semua capres!”. Fine, okay, itu pilihan anda. Namun jangan protes ya kalau ada masalah di perundangan dan pemerintahan. Ketika dikasih kesempatan anda tidak mau berkontribusi, begitu ada masalah eh baru teriak. Kemana aja loe selama ini?

Anda bisa menagih janji mereka semua (aleg dan presiden) jika anda memberi mandat. Jika anda hadir di TPS, memberikan kontribusi dengan memilih, lalu anda bisa menagih komitmen mereka semua.

Akhirnya, hari gini mau golput? Apa kata dunia!

(Silakan dibagikan kepada teman dan saudara jika anda berkenan. Ini sumbangan ilmu political economy yang saya pelajari)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: