Apakah Kita Perlu Pemerintah? (Bagian II)

Sebelum membahas lebih lanjut apakah kita perlu pemerintah atau tidak, kita akan diskusikan dulu struktur sosial ekonomi masyarakat. Bahwa masyarakat terbagi atas 3 kelompok besar yaitu sektor publik, sektor swasta dan sektor ketiga. Nah, sektor publik itu mengurusi pemerintahan, swasta melakukan aktivitas ekonomi dengan motif mencari keuntungan, dan sektor ketiga adalah di antara keduanya yaitu bukan pemerintah dan tidak untuk mencari keuntungan.

Di antara ketiga kelompok sosial ekonomi ini, yang paling mudah dilihat adalah swasta. Mereka wujud dalam berbagai bentuk usaha dari usaha perorangan sampai bisnis konglomerat. Mereka menghasilkan keuntungan dari menjual barang dan jasa untuk membesarkan skala usaha, menggaji karyawan, mendorong bisnis pendukung di sekitarnya, dan manfaat lainnya. 

Apakah hanya manfaat? Tentu saja tidak. Didorong oleh keuntungan materi yang berlimpah, sektor swasta memiliki insentif untuk melipatgandakan profit dengan menekan serendah mungkin biaya. Termasuk biaya yang dipangkas adalah biaya polusi udara, air, dan suara. Biaya memulihkan lingkungan yang rusak karena eksploitasi bahan mineral. Biaya konservasi lingkungan. Biaya kesenjangan sosial. Serta dampak-dampak negatif lainya yang dialami oleh masyarakat, flora, fauna, dan lingkungan.

Swasta yang memiliki modal kuat akan semakin leluasa dalam mengurangi biaya-biaya produksi barang dan jasanya. Mereka mudah sekali untuk mendikte lingkungan untuk mengikuti apapun agenda produksi mereka. Mengapa demikian? Karena swasta dapat dengan mudah menyewa sumbed daya (manusia, peralatan, media, dll) yang dapat memaksakan kehendak mereka pada masyarakat. 

(to be continued)

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: