Mendapatkan Beasiswa Kampus Mudah

Mendapatkan Beasiswa Kampus 1

Banyak sekali pertanyaan yang saya terima mengenai topik sebelumnya sehingga saya kira lebih efisien untuk menjawab dengan membuat diagram dan video di bawah ini.

Beasiswa kampus ini adalah salah satu rahasia mengapa banyak sekali mahasiswa asal India dan China yang berada di Amerika. Jika ada 10 posisi beasiswa di 10 program pada 100 universitas di Amerika, maka jumlah mahasiswa asing sudah mencapai 10.000 orang. Padahal jumlah program dan universitas berlipat-lipat dari itu. Sayang, orang Indonesia belum banyak tahu dan juga kurang percaya diri menoba kesempatan ini.

Intinya, mendapatkan beasiswa kampus itu mudah. Asalkan didukung oleh persiapan yang memadai. Walaupun tidak lancar berbahasa Inggris secara verbal dengan lancar, jangan kuatir asalkan tes bahasa Inggris (TOEFL/IELTS) dengan skor minimum telah dicapai. Persiapkan juga GRE. Walaupun skor GRE lebih rendah dari yang diharuskan, boleh saja dicoba melamar ke profesor di universitas yang ingin kita tuju. Jika yang bersangkutan tertarik dengan wajah riset anda, maka akan ada keringanan yang diberikan.

Jika tidak ada jawaban dari seorang profesor, jangan patah semangat. Masih banyak akademisi di luar sana yang menanti kehadiran anda untuk membantu risetnya. Makanya pastikan bahwa anda telah menghubungi profesor yang memiliki bidang riset yang sama dengan yang anda kerjakan sekarang.

Akhirnya, setelah berikhtiar, sempatkan berdoa. Juga minta bantuan doa dari orang-orang terdekat yang mencintai anda. Selanjutnya, biarkan takdir Tuhan datang menjemput.

Ohya, tips ini bukan saja untuk PhD, master juga bisa. Walaupun kebanyakan beasiswa diberikan kepada PhD students.

Apa yang saya sampaikan bisa berbeda dengan kawan lain yang telah mendapatkan beasiswa PhD dari kampusnya masing-masing. Yang saya tuliskan dan ceritakan berdasarkan pengalaman saya sendiri. Semoga membantu kawan-kawan semua.

Selamat memburu beasiswa kampus di luar negeri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: