Rupiah Lemah dan Momentum Ekspor Indonesia

“… dengan membuat Yuan lemah maka barang made in China bisa membanjiri dunia.” (Wardhana 2013)

–Des 3, 2013–

rupiah vs dollar
Melemahnya nilai tukar rupiah boleh saja diratapi oleh sebagian kalangan karena akan menyebabkan berbagai kesulitan ekonomi. Secara teknis, rupiah yang melemah terhadap dolar menyebabkan utang pemerintah dan swasta dalam bentuk mata uang asing melonjak jika di-rupiah-kan. Jika sebelumnya utang Rp 10 juta pada kurs 1 dolar = 10 ribu rupiah, maka sekarang utang berjumlah Rp 12 juta pada kurs 1 dolar = 12 ribu rupiah.

Namun di lain pihak, kondisi ini akan sangat menguntungkan bagi kalangan yang mengekspor barang Indonesia ke luar negeri. Jika sebelumnya harga barang Rp 10 juta = 1000 dolar, maka sekarang harga barang menjadi 833 dolar. Tentu saja barang dengan harga lebih murah (kualitas sama) akan sangat diminati.

Inilah rahasia mengapa China begitu ngotot mempertahankan kurs nilai tukar Yuan agar selalu lebih rendah dari yang seharusnya terhadap dolar. Mereka adalah ekonomi berbasis ekspor sehingga dengan membuat Yuan lemah maka barang made in China bisa membanjiri dunia.

Hendaknya pemerintah membuka keran ekspor seluas-luasnya dengan berbagai kemudahan bisnis, pembiayaan, dan edukasi. Jika ini momentum untuk mendirikan lagi Bank Pembangunan, ayo silakan digarap. Bisa juga membesarkan lembaga penjamin pembiayaan ekspor yang sudah ada. Permudah jangan dipersulit. Jangka panjangnya, dengan eksportir yang maju, pengangguran berkurang, kemiskinan punah, dan bangsa menjadi kuat. Kembali China sebagai contoh model ini.

Akhirnya sebagai penutup, mari kita camkan kalimat berikut. Daripada menangisi keadaan, lebih baik menikmatinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: