Pilih Dijajah Inggris atau Belanda?

” … kita memang selalu harus bersyukur plus belajar untuk mengerti hikmah dari setiap peristiwa, termasuk penjajahan.” (Wardhana 2013)

–Maret 28, 2013–

Evolution_of_the_Dutch_East_Indies

Semula saya selalu beranggapan bahwa jika Indonesia dijajah oleh Inggris, kondisi kita akan jauh lebih baik. Ternyata setelah membuka-buka lembaran sejarah dan membanding-bandingkan, saya bersyukur Indonesia “mendapatkan” penjajah Belanda. Mengapa? Minimal ada 3 alasannya:

1. Belanda menerapkan sentralisasi yang mengikat ribuan pulau, ratusan suku bangsa, ratusan dialek, dan berbagai agama. Sejak awal multikulturalisme yang ada dibiarkan saja, tanpa direkayasa. Berbeda dengan British India yang menerapkan segregasi berdasarkan agama. Akhirnya, Indonesia lahir sebagai 1 negara, sementara India terbagi menjadi Pakistan dan India (plus Bangladesh) yang sampai sekarang menjadi musuh bebuyutan.

2. Belanda mempromosikan Bahasa Melayu sebagai bahasa kedua karena tidak ingin Dutch dikuasai oleh pribumi. Akibatnya kita punya bahasa nasional pemersatu. Bandingkan dengan Pakistan dan Bangladesh yang berperang dan pecah karena masalah pemaksaan Urdu sebagai bahasa nasional.

3. Belanda bersungguh-sungguh dan berkonsentrasi mendapatkan semua pulau di Indonesia dengan mengusir semua penjajah lain. Hanya Pulau Solor Timur (Timor Leste) yang tidak bisa direbut dari Portugis. Kalau bukan karena komitmen Belanda, kemungkinan besar akan terdapat banyak negara di kepulauan nusantara. Contohnya di Afrika.

Anda boleh setuju, boleh juga tidak atas interpretasi sejarah yang saya tulis ini. Namun intinya, kita memang selalu harus bersyukur plus belajar untuk mengerti hikmah dari setiap peristiwa, termasuk penjajahan…. Wallahu a’lam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: